Kamis, 02 Oktober 2014

Macam – macam Motif Batik di Indonesia


Batik adalah salah satu warisan budaya Indonesia. Batik merupakan peninggalan asli Indonesia yang harus dilestarika. Sekarang banyak orang yang senang memakai batik. Baik untuk bekerja maupun bepergian bersama keluarga. Batik sendiri memiliki banyak motif, kali ini saya akan mengulas motif- motif batik yang terdapat di Indonesia.





1.    Batik keraton jawa
Batik keraton juga sering di sebut batik pedalaman, mengapa?karena letak dari keraton itu sendiri yang berada di pedalaman pulau jawa. Satu hal yang khas dari batik keraton ini adalah motifnya yang seringkali berwarna dasar putih dengan corak –corak warna yang alami seperti hitam, nila, coklat dan warna gelap lainnya.
Selain warnanya, batik keraton juga terkenal dengan motifnya yang banyak sekali menggambarkan filosofi kehidupan dan budaya di kehidupan keraton.

2.    Batik pesisir
Batik ini di sebut batik pesisir karena batik ini lahir dan berkembang d daerah yang dekat dengan pesisir- pesisir pantai. Motif yang terdapat pada batik pesisir ini adalah motif china, seperti naga, awan, pola bunga dan lain-lain. Kemudian batik pesisir kebalikan dari batik keraton yaitu memiliki warna yang cerah dan mencolok.

Berikut ini adalah daerah- dareah penghasil batik pesisir di pulau jawa yaitu :

a)    Batik Pekalongan, yaitu batik yang memiliki motif budaya Belanda, Eropa dan China
b)    Batik Cirebon, yaitu batik yang mempunyai motif megamendung atau motif dengan bentuk awan, motif ini berasal dari budaya China
c)    Batik Lasem yaitu batik yang motifnya dipengaruhi oleh budaya China juga dan memiliki warna yang terang seperti warna merah darah ayam
d)    Batik Tuban, yaitu batik yang dibuat dari kain tenunan tangan. Yang sangat terkenal dari batik tuban adalah batik bedog
e)    Batik Madura, yaitu batik yang mempunyai motif seperti ujung tombak, tanaman dan binatang, warna batik ini memiliki warna cerah seperti merah, kuning dan hijau cerah.

3.    Batik Priangan atau batik sunda
Motif batik priangan ini sendiri banyak dipengaruhi  oleh beberapa daerah dan kebudayaan seperti Cirebon dan Baduy. Warna yang digunakan juga merupakan warna cerah dengan motif khas tanaman dan binatang. Beberapa daerah penghasil batik priangan adalah :
a)    Batik Ciamis
b)    Batik Tasikmalaya
c)    Batik Baduy
d)    Batik Garut



4.    Batik Jawa Hokokai
Batik ini biasanya memiliki dua motif dalam satu kain seperti motif bunga sakura, bunga seruni dan lain-lain


5.    Batik Bali
Batik Bali tidak terlalu memiliki motif yang menonjol, dan warna nya lebih terpengaruh dari batik jawa yaitu warna cerah dan bersemangat. Bali sendiri lebih terkenal dengan patungnya daripada batiknya sendiri.

6.    Batik Sumatera
Berikut beberapa jenis batik Sumatera :

a)    Batik Jambi
b)    Batik Minagkabau
c)    Batik Aceh
d)    Batik Riau
e)    Batik Palembang

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar