Rabu, 01 Oktober 2014

Pencemaran Lingkungan dan Upaya Mengatasinya


Pencemaran lingkungan kini sudah mulai banyak terjadi. Manusia seakan tidak peduli lagi dengan lingkunga sekitar mereka, mereka membuang sampah di berbagai tempat tanpa menghiraukan pemandangan yang menjadi kotor akibat perbuatan mereka. Kita harus menyadari sedari dini mungkin, pencemaran lingkungan sangat berbahaya untuk kehidupan kita. Kita harus mampu dan berupaya menjaga lingkungan kita agar tetap terjaga dari pencemaran lingkungan.

Dibawah ini saya akan membahas beberap macam pencemaran lingkungan yang sering terjadi, yaitu diantaranya :

Pertama : pencemaran tanah
Kalian semua pasti tidak asing lagi dengan pencemaran tanah. Contohnya seperti orang yang membuang sampah sembarangan, membuat lingkunga kotor dan penuh sampah dimana-mana. Faktor-faktor yang mengakibatkan terjadinya pencemaran tanah antara lain pembuangan bahan sintetis yang tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme, seperti plastik, kaleng, kaca, sehingga menyebabkan oksigen tidak bisa meresap ke tanah. Faktor lain, yaitu penggunaan pestisida dan detergen yang merembes ke dalam tanah dapat berpengaruh terhadap air tanah, flora, dan fauna tanah.



Upaya atau cara pencegahannya yaitu :
1.    Sebelum dibuang ke tanah senyawa sintetis seperti plastik sebaiknya diuraikan lebih dahulu, misalnya dengan dibakar.
2.    Untuk bahan-bahan lain yang dapat di daur ulang, sebaiknya jangan dibuang begitu saja, melainkan kita daur ulang kembali bahan-bahan itu agar dapat digunakan, bahan-bahan itu antara lain seperti kaca, plastik , karet dll
3.    Membuang sampah pada tempatnya dan sesuai dengan jenis sampahnya.
4.    Hindarilah penggunaan pestisida dengan dosis yang terlalu tinggi
5.    Penggunaan pupuk anorganik secara tidak berlebihan pada tanaman.

Kedua : pencemaran air
Pencemaran air ini pasti sudah kalian banyak ketahui. Pencemaran air dapat diketahui dari perubahan warna, bau, serta adanya kematian dari biota air, baik sebagian atau seluruhnya. Dengan seringnya masyarakat membuang sampah ke sungai, hal itu membuat sungai semakin tercemar, begitu pula dengan sisa-sisa limbah pabrik, membuat sungai menjadi bau, keruh dan berubah warna. Dengan keadaan sungai yang seperti itu, maka air tidak dapat digunakan lagi. Dan air dalam sungai itupun dapat menjadi sumber penyakit bagi kita semua.


Upaya atau cara pencegahannya yaitu :
1.    Menggunakan pestisida dengan aturan yang ada
2.    Sisa limbah pabrik yang hendak dibuang harus di netralkan terlebih dahulu
3.    Pembuangan limbah pabrik tidak boleh melalui pemukiman penduduk
4.    Setiap rumah diwajibkan membuat septi tank yang baik

Ketiga : pencemaran udara
Pencemaran udara ini dapat disebabkan oleh gas- gas buangan pabrik yang secara langsung mengeluarkan zat- zat yang merusak udara bebas. Pencemaran udara juga dapat disebabkan oleh alam, misalnya terjadinya letusan gunung berapi.



Upaya dan cara pencegahannya yaitu :
1.    Perlunya dibatasi penggunaan bahan bakar yang menghasilkan CO.
2.    Menerapkan program penghijauan di kota-kota untuk mengurangi tingkat pencemaran.
3.    Memilih lokasi pabrik dan industri yang jauh dari keramaian dan pada tanah yang kurang produktif.
4.    Gas-gas buangan pabrik perlu dibersihkan dahulu sebelum dikeluarkan ke udara bebas
Demikian beberapa macam pencemaran lingkungan dan cara mengatasinya. Hendaklah kita menjaga lingkunngan sekitar kita untuk kehidupan anak cucu kita di masa yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar