Rabu, 01 Oktober 2014

Remaja dan Narkoba

Kita pasti sering mendengar kata narkoba? Narkoba atau narkotika adalah obat-obatan terlarang yang memiliki zat-zat  berbahaya yang dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan psikologis seseorang. Serta dapat menimbulkan ketergantungan fisik dan psikologi.

Narkotika menurut UU RI No 22 / 1997, Narkotika, yaitu zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semisintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan


Di bawah ini beberapa jenis narkoba atau narkotika antara lain :
1.    Opium (Heroin, Morfin)
2.     Ganja
3.    Amfetamin (shabu, ekstasi
4.    Kokain
Penyalahgunaan narkoba merupakan bahaya sangat besar, mengapa? Karena bukan hanya merusak tubuh saja, tetapi juga masa depan. Penyalahgunaan narkoba mengakibatkan rusaknya organ tubuh selain itu juga menimbulkan penyakit yang berbahaya sulit untuk di sembuhkan, seperti kangker, paru, HIV/AIDS, hepatitis, bahkan penyakit jiwa.
Seseorang akan dengan sangat mudah menyalahgunakan narkoba dengan beberapa penyebab di bawah ini yaitu:
1.    Kondisi kehidupan keluarga yang tidak harmonis
2.    Temperamen sulit dan menjadi stress
3.    Tidak diterima di kelompok mereka
4.    Memiliki beragam masalah yang berat namun tidak dapat meminta bantuan orang lain dan hanya dipendam seorang diri
5.    Berteman dengan pemakai narkoba dan tertarik mencobanya

Hal di atas hanya sebagian kecil penyebab penyalahgunaan narkoba, hal ini harus segera ditangani dengan segera, karena jika tidak hal itu hanya akan merusak masa depan mereka yang menggunakan narkoba. Dengan adanya penyebab tersebut maka kita harus melakukan upaya untuk pencegahan dalam penyalahgunaan narkoba, berikut beberapa upaya nya yaitu:
1.    Peran remaja
Banyak sekali remaja yang dekat dengan barang terlarang yang di sebut narkoba, permasalahn remaja yang rumit yang kadang tidak bisa dimengerti para orang dewasa, membuat mereka beralih ke narkoba. Hal ini sangan memprihatinkan, maka dari itu para orang dewasa harus membuat waktu para remaja menjadi seefektif mungkin seperti melakukan pelatihan keterampilan, kegiatan alternatif untuk mengisi waktu luang, seperti: kegiatan olah raga, kesenian, dll. Hal ini ditujukan agar masa remaja mereka tidak terbuang sia- sia.

2.    Peran Orang Tua
Orang tua berperan sangat penting juga bagi anak- anak mereka. Melakukan upaya sedekat mungkin untuk bisa menjadi teman curhat mereka adalah hal yang terbaik, mencoba untuk masuk ke dunia mereka, sehingga para orang tua bisa memahami permasalahan anak remaja mereka. Dan yang terpenting berikan perhatian selalu kepada anak- anak, terlebih mereka yang telah tumbuh menjadi remaj.

3.    Menciptakan rumah yang sehat, serasi, harmonis, cinta, kasih sayang dan komunikasi terbuka.
Hal ini juga sangat penting, dengan rumah yang sehat dan keluarga yang harmonis, seseoranng akan lebih betah tinggal bersama di rumah dengan keluarganya, dan hal ini akan membantu mereka  untuk menyelesaikan problem mereka jika mereka bisa dekat dengan keluarga mereka.

4.    Mengasuh, mendidik anak yang baik.
Untuk para orang tua, hal ini menjadi kewajiban besar. Anak adalah harapan di masa yang akan datang, maka dari itu kita sebagai orang tua, harus memberikan pendidikan yang baik untuk anak kita.

5.    Menjadi contoh yang baik.
Siapapun itu, orang tua, guru, maupun teman harus menjadi contoh yang baik untuk orang –orang di sekitarnya.

6.    Menjadi pengawas yang baik.
Hal ini juga sama berlaku untuk orang tua dan guru.

Itulah beberapa ulasan tentang narkoba, jauhkan anak- anak kita dari  narkoba dengan cara memberi perhatian kepada mereka, memberi pengertian dan mau mendengarkan masalah mereka. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar