Kamis, 02 Oktober 2014

Macam – Macam Olahraga Atletik


Semuanya , pasti sudah tidak asing lagi mendengar yang namanya olahraga atletik , olahraga atletik adalah gabungan dari berbagai macam olahraga seperti lari , lempar dan loncat. Olahraga sendiri merupakan rutinitas masyarakat di dunia, karena olahraga sendiri sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia, olahraga adalah salah satu kegiatan yang bisa membuat badan kita menjadi lebih sehat dan bugar, orang yang tidak pernah olahraga akan lebih mudah untuk terserang virus penyakit, karena olahraga sendiri merupakan bagian dari kesehatan kita.



Terdapat berbagai macam olahraga atletik yang sering di lombakan, contohnya lari estafet , lempar lembing, loncat jarak jauh, tolak peluru dan lain-lainnya. Olahraga atletik sendiri lebih cenderung mengandalkan bagian tubuh seperti tangan dan kaki.
Misalnya olahraga atletik lari, lari sendiri merupakan salah satu olahraga yang dipertandingkan hingga ke tingkat internasional, lari ada beragam macam ,mulai dari lari marathon, sprint, lari lompat halang, lompat estafet dan lain-lain, oh iya jalan cepat juga termasuk salah satu olahraga atletik jenis lari.
Olahraga lari banyak di ikuti oleh pria maupun wanita dan selalu menjadi salah satu olahraga yang menjadi simbol olimpiade. Lari marathon merupakan olahraga lari yang menempuh jarak sekitar 40-50 meter, pelari melakukan lari stabil hingga sampai di garis finish.



Selain lari, olahraga atletik juga ada lompat galah, apa itu lompat galah ?lompat galah merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang dilakukan dengan cara melompati sebuah penghalang dan menggunakan bantuan berupa galah. Pelompat harus melewati penghalang yang berupa mistar dan diletakkan dengan ketinggian tertentu yang berbeda- beda. Pelompat harus berhasil melompati penghalang itu, jika tidak pelompat akan jatuh, namun sudah di sediakan area berpasir yang jika pelompat itu terjatuh dia tidak akan cedera.

Adapun lempar lembing juga merupakan olahraga atletik, olahraga ini yaitu dilakukan dengan cara melempar lembing yaitu sebuah tongkat runcing yang panjang. Lemparannya ke atas dengan gerakan seperti parabola menuju suatu titik , jarak yang diperoleh pelempar adalah jarak yang ditentukan oleh ujung lembing yang menancap sendiri di tanah.




Masih banyak lagi cabang olahraga atletik yaitu :
a)    Tolak peluru
b)    Lempar cakram
c)    Lompat jauh
d)    Lompat tinggi
e)    Menembak
f)    Memanah
g)    Bina raga
h)    Angkat besi
i)    Angkat berat
j)    senam
k)    Renang
l)    Lempar martil
m)    Lompat ganda berdiri
n)    Lompat macan
o)    Loncat indah
p)    Sepeda akrobat

Hal- hal yang saya sebutkan di atas adalah macam –macam dari olahraga atletik itu sendiri. Olahraga ini sering dijadikan ajang perlombaan dalam sebuah olimpiade.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar