Kamis, 02 Oktober 2014

Mengonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi


Makanan adalah suatu bahan yang berasal dari hewan atau tumbuhan, dan dimakan oleh mahluk hidup untuk memberikan tenaga dan nutrisi. Makanan berfungsi bukan hanya untuk menghilangkan rasa lapar saja, melainkan untuk mendapatka tenaga dan energi, untuk mendapatkan zat- zat yang dibutuhkan  untuk kesehatan tubuh itu sendiri, serta berfungsi untuk membangun sel sel tubuh dan membantu menambah imunitas tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Makanan memang sangat penting dan merupakan sumber utama untuk tubuh kita , maka dari itu kita harus terbiasa dan pintar memilih makanan yang bergizi dan bernutrisi untuk dimakan sehari- hari. Berikut ini saya akan membahas makanan dan minuman yang bergizi dan harus dikonsumsi oleh tubuh kita.





Makanan pokok : yaitu makanan yang dibutuhkan tubuh kita sebagai sumber energi , misalnya nasi, jagung, gandum, kentang , oat, dan umbi- umbian ,makanan ini mengandung banyak karbohidrat yang berfungsi untuk meningkatkan energi di dalam tubuh kita.

Lauk pauk : yaitu sebagai makanan pendamping makanan pokok yang berfungsi sebagai sumber zat pembangun dalam tubuh kita , misalnya telur, daging, ikan, tahu, tempe, semua makanan ini kaya akan protein yang berguna untuk tubuh kita.

Sayur- sayuran : sayuran sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh kita, apalagi untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh kita. Sayuran yang baik adalah sayuran yang berwarna hijau cerah yang mengandung banayak vitamin, serat dan protein nabati. Contohnya sayuran yang menyehatkan adalah bayam, brokoli, tomat, terong, dan sayuran hijau lainnya.

Buah- buahan : buah- buahan bagus dikonsumsi tubuh kita, buah-buahan banyak mengandung vitamin dan mineral serta kaya akan kandungan air yang tinggi dan serat yang tinggi untuk menjaga pencernaan tubuh kita. Semua buah sangat baik untuk kesehatan tubuh kita dan menjaga tubuh kita agar tetap sehat dan bugar.

Susu , terakhir inilah pelengkap makanan 4 sehat 5 sempurna, susu merupakan minuman yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh kita, serta baik untuk menjaga nutrisi yang da pada tulang kita. Dengan melengkapi makanan di atas, maka tubuh kita akan terhindar dari viru- virus penyebab penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar